Aliran kata dari akal dan hati. Sebuah upaya menebar manfaat melalui jejak digital. Semoga menjadi علم ينتفع به .

7 Januari 2018

DOA MENEMPATI RUMAH BARU

Hehehe... sehubungan gw nempatin rumah baru, gw dapet doanya nih... Meskipun sebenernya bukan cuman doa nempatin rumah sih, tapi juga doa saat tiba di suatu tempat yang akan kita tempati walaupun sementara.

Gw dapet doa ini dari abang ipar gw waktu dia baca saat arisan yang ketempatan di rumah gw. Kata dia, ada di Riyadhush Shalihin. Pas gw cari, ternyata ketemu. Coba liat di Kitabu Adabis Safar, Babu ma yaqulu idza nazala manzilan, hadits ke-982-983, hal. 288.



174. Bab tentang apa yang diucapkan Rasulullah saat singgah di suatu tempat

982 - Dari Khaulah binti Hakim, semoga Allah meridhainya, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW berkata: ((Barang siapa menempati sebuah rumah kemudian ia berkata: A'udzu bikalimatillahittammati min syarri ma khalaq, maka tidak ada sesuatupun yang memudharatkannya sampai ia berangkat dari rumah tersebut)) Hadits diriwayatkan oleh Muslim.

983 - Dan dari Ibnu Umar, semoga Allah meridhainya dan ayahnya, ia berkata: Adalah Rasulullah SAW apabila melakukan safar lalu mendapati malam, Beliau bersabda: ((Ya ardhu, rabbi wa rabbukillahu, a'udzu billahi min syarriki wa syarri ma fiki, wa syarri ma khuliqa fiki, wa syarri ma yadibbu 'alaiki a'udzu billahi min syarri asadin wa aswadin, wa minal hayyati wal 'aqrabi, wa min sakinilbaladi, wa min walidin wa ma walada)) Hadits diriwayatkan oleh Abu Dawud.

Kata ((wal aswad)): artinya manusia, Al Khaththabi berkata ((wa sakinil baladi)): mereka adalah jin penduduk bumi. Ia berkata: Kota/kampung adalah bagian dari bumi: merupakan tempat tinggal hewan meskipun tidak terdapat bangunan dan tempat tinggal. Ia berkata: adapun maksud kata ((bil walid)) adalah Iblis ((wa ma walad)): Setan-setan.

Tidak ada komentar: