Kajian Ahad Subuh - Masjid At Taqwa Ali Mubarak Pondokmiri - 1/9/2024
Find me on: Kompasiana and Medium.
(1) Hadits ini ditakhrij (dicantumkan) oleh Imam Muslim dalam kitab Ath Thaharah (Bersuci). Ucapan Rasulullah ((syathr)) artinya “sebagian”, ((yaghdu)) artinya “berusaha dan bekerja”, ((mubiquha)) artinya “membinasakannya”.
PEMBAHASAN
Abu Malik merupakan nama kunyah (gelar). Para ahli sejarah Islam berbeda pendapat tentang nama asli beliau. Namun yang masyhur adalah Ka’ab. Pembubuhan "Al-Asy'ari" pada namanya menunjukkan bahwa beliau berasal dari kabilah Asy’ar (Al-Asy’ari artinya orang Asy’ar, Yaman). Ia memeluk Islam bersama kaumnya. Saat itu Ka’ab bin Malik datang menemui Nabi Muhammad saw. dengan menaiki perahu. Setelah menjadi sahabat Nabi, ia turut berjuang bersama beliau dan juga meriwayatkan hadits beberapa darinya.
Di antara beberapa hadits yang Abu Malik riwayatkan adalah:
أَنَّهُمْ بَيْنَمَا هُمْ عِنْدَ
رَسُولِ اللَّهِ فَذَكَرَ قَوْمًا لَيْسُوْا بِأَنْبِيَاءَ وَلا شُهَدَاءَ،
يَغْبِطُهُمُ النَّبِيُّوْنَ بِمَقْعَدِهِمْ وَقُرْبِهِمْ مِنَ اللَّهِ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ، ثُمَّ قَالَ: هُمْ عِبَادُ اللَّهِ مِنْ بُلْدَانٍ شَتَّى
وَقَبَائِلَ شَتَّى، مِنْ شُعُوْبِ الْقَبَائِلِ لَمْ يَكُنْ بَيْنَهُمْ أَرْحَامٌ
يَتَوَاصَلُوْنَ بِهَا، وَلا دُنْيَا يَتَبَاذَلُونَهَا، تَحَابُّوا بِرُوْحِ
اللَّهِ يَجْعَلُ اللَّهُ لَهُمْ مَنَابِرَ مِنْ نُوْرٍ، وَيَجْعَلُ وُجُوْهَهُمْ
نُوْرًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ قُدَّامَ الرَّحْمَنِ، يَفْزَعُ النَّاسُ وَلا
يَفْزَعُوْنَ، وَيَخَافُ النَّاسُ وَلا يَخَافُوْنَ.
“Mereka (para sahabat) pernah berada di sisi Rasulullah. Lalu beliau menceritakan sekelompok orang yang bukan golongan nabi dan bukan golongan syuhada. Namun para nabi iri dengan kedudukan mereka yang dekat dengan Allah di hari kiamat. Kemudian beliau bersabda, “Mereka hamba-hamba Allah yang berasal dari negeri dan kabilah yang bermacam-macam, berasal dari suku dan kabilah yang tidak memiliki hubungan kekerabatan dan tidak pula kepentingan duniawi, namun mereka saling mencintai karena Allah. Allah memberikan mereka mimbar-mimbar yang terbuat dari cahaya, membuat wajah mereka bercahaya pada hari kiamat saat mereka datang menemui Allah. Pada saat itu orang-orang gemetar, sementara mereka tidak. Orang-orang ketakutan, namun mereka tidak.” [Al-Uluw, No: 100. Menurut Adz-Dzahabi sanad hadits ini baik].
Ada pula hadits yang serupa dengan pembahasan kita pada hari ini, yaitu:
إسْبَاغُ الوُضُوْءِ شَطْرُ الْإِيْمَانِ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ وَالتَّسْبِيْحُ وَالتَّكبيرُ يَمْلَأُ
السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ، وَالصَّلَاةُ نُوْرٌ ، وَالزَّكَاةُ برْهَانٌ ، وَالصَّبْرُ
ضِيَاءٌ ، وَالْقُرْاٰنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ
“Menyempurnakan wudhu adalah separuh keimanan. Ucapan alhamdulillah memenuhi timbangan. Ucapan tasbih (subhanallah) dan takbir (allahu akbar) memenuhi langit dan bumi. Shalat adalah cahaya. Zakat adalah bukti keimanan. Sabar adalah cahaya yang membakar. Dan Al Quran itu hujjah yang akan membantumu atau mengadilimu.” [Shahih an-Nasai, No: 2436].
Abu Malik wafat pada masa pemerintahan Umar bin Khattab, tahun 18 H. Syahr bin Hausyab berkata, dari Ibnu Ghanam bahwa Muadz bin Jabal, Abu Ubaidah, dan Abu Malik wafat terkena wabah tha’un amwas (طاعون عمواس , epidemi wabah pes yang menimpa negeri Syam (Suriah) pada tahun 638–639 M. Wabah ini disebarkan oleh hewan pengerat, gigitan kutu yang terinfeksi, kontak dengan cairan tubuh yang menular, atau menghirup droplet. Wabah ini menyebabkan meninggalnya 25.000 orang termasuk pasukan muslim dan beberapa sahabat ternama, seperti Abu Ubaidah bin Jarrah, Muadz bin Jabal, Yazid bin Abi Sufyan, serta Syurahbil bin Hasanah. Selain itu, wabah ini juga memicu pengungsian besar-besaran penduduk asli Syam. Dalam sejarah pertumbuhan ilmu kalam, peristiwa ini juga dikaitkan dengan pemahaman tentang takdir dan kehendak bebas manusia.
Dalam hadits Arba’in yang ke-23 ini, Rasulullah saw. menerangkan kepada kita bahwa:
- Bersuci (ath thahur) sebagian dari iman. Bersuci ada dua macam, yaitu: fisik dan mental (jasmani dan rohani, jasad dan hati). Imam Al Ghazali berkata bahwa bersuci di sini maksudnya adalah mensucikan hati dari iri, dengki, kebencian, dan seluruh penyakit hati. Iman hanya akan sempurna dengan mensucikan hati. Barang siapa yang telah bersyahadat makai a telah meraih syathr (sebagian) iman, dan barang siapa yang mensucikan hatinya dari penyakit hati, maka imannya menjadi sempurna. Sebagian ulama mengatakan bahwa barang siapa yang mensucikan hatinya, berwudhu, dan mandi, maka ia telah mendatangi shalat dengan dua kesucian. Dan barang siapa yang hanya mensucikan anggota tubuh saja (wudhu atau mandi), maka ia hanya mendatangi shalat dengan setengah suci.
Ada sebuah hadits populer tentang manfaat
wudhu, yang berbunyi:
عَنْ
عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ ﷺ: مَنْ تَوَضَّأَ
فَأَحْسَنَ الْوُضُوْءَ ، خَرَجَتْ خَطَايَاهُ مِنْ جَسَدِهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ
تَحْتِ أَظْفَارِهِ (رواه مسلم)
“Barang
siapa berwudhu dengan sempurna, maka dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya,
hingga keluar dari bawah kukunya.”
- Ada ucapan yang mudah atau ringan di lisan namun, sangat berat pahalanya, yaitu: 1) ucapan alhamdulillah yang mana ucapan itu memenuhi timbangan dan 2) ucapan subhanallah dan alhamdulillah keduanya memenuhi antara langit dan bumi
Hal
ini diperkuat juga dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:
كَلِمَتَانِ
خَفِيفَتَانِ علَى اللِّسَانِ، ثَقِيلَتَانِ في المِيزَانِ، حَبِيبَتَانِ إلى
الرَّحْمَنِ: سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ، سُبْحَانَ اللهِ العَظِيمِ (رواه
مسلم)
Dua
kalimat yang ringan di lidah, berat di timbangan, dan dicintai oleh Allah Swt.
yaitu: subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil ‘azhim.
- Shalat adalah cahaya, maksudnya pahalanya menjadi cahaya. Hal ini sesuai dengan hadits:
بَشِّرِ
الْمَشَائِيْنَ فِى الظُّلْمِ إِلَى الْمَسَاجِدِ بِالنُّوْرِ التَّامِّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
“Berilah kabar gembira untuk orang yang berjalan dalam kondisi gelap ke masjid dengan cahaya sempurna pada hari kiamat.”
- Sedekah adalah bukti nyata, maksudnya bukti dari sahnya iman, bukti dari benarnya iman. Dinamakan shadaqah karena sedekah menjadi bukti seseorang “benar-benar” beriman. Sedekah adalah bukti benarnya iman seseorang karena biasanya jiwa bersifat pelit dengan harta. Sifat orang munafik biasa beramal atas dasar riya. Ia sulit bersedekah karena pelitnya pada harta.
- Kesabaran adalah sinar. Sabar mencakup tiga hal, yaitu: sabar dalam ketaatan, sabar dalam menjauhi maksiat, dan sabar dalam menghadapi musibah. Orang yang bisa bersabar menandakan kuatnya iman dan jiwa yang menyala, sehingga disebutlah sabar itu dhiya’ (sinar).
- Al-Qur’an adalah pendukungmu atau penuntutmu. Al-Qur’an itu bisa jadi pendukung kita atau akan menuntut kita. Al-Qur’an bisa menjadi pendukung jika kita membenarkan, menjalankan perintah, dan menjauhi larangan yang ada di dalamnya, serta membacanya dengan benar. Sebaliknya Al-Qur’an akan menuntut kita ketika kita berpaling darinya dan tidak menjalankan sebagaimana yang dituntut.
- Setiap manusia berusaha, seakan-akan ia menjual dirinya, ada yang memerdekakan dirinya sendiri, ada juga yang membinasakan dirinya sendiri. Maksudnya adalah dalam hidup ini kita seakan sedang melakukan transaksi. Transaksi tersebut dapat dijalan kepada pihak yang benar (Allah, dengan cara menaati-Nya dan menjauhi larangan-Nya) ataupun kepada yang salah (setan dan hawa nafsu). Orang yang bertransaksi dengan Allah, maka ia menjadikan dirinya merdeka dari api neraka, sedangkan orang yang bertransaksi dengan setan dan hawa nafsunya, maka ia sedang menghancurkan dirinya sendiri.
Wallahu a’lam.
Sumber:
An Nawawi, Abu Zakaria
Yahya bin Syaraf, Kitabul Arba’in An Nawawiyah (Ditahqiq oleh Ahmad Abdur
Raziq Al Bakri, Maktabah Darussalam, Kairo, 2007
Al Bugha, Musthafa
Dieb, dan Misthu, Muhyiddin, Al Wafi Syarah Hadis Arba’in Imam An Nawawi,
terj. Wakhid, Rokhidin, Qisthi Press, Jakarta, 2014
https://dorar.net/hadith/sharh/3020
id.wikipedia.org/wiki/Wabah_Amwas
islamweb.net/ar/library/content/74/766/بشر-المشائين-في-الظلم-إلى-المساجد-بالنور-التام-يوم-القيامة
kisahmuslim.com/6591-abu-malik-al-asyari.html
Mahyay, Muhammad Abdur
Razzaq, Syarhul Arba’in An Nawawiyah, Maktabah Muhammad bin Ahmad Nabhan
wa auladih, Surabaya, t.t.
rumaysho.com/20082-hadits-arbain-23-keutamaan-bersuci-shalat-sedekah-sabar-shahibul-quran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar